Call nowWhatsApp
Kolam Renang Overflow

Perbedaan Sistem Kolam Renang Overflow dan Skimmer

Sistem sirkulasi pada kolam renang yang paling umum digunakan adalah Overflow dan Skimmer. Masing-masing dari kedua sistem sirkulasi tersebut tantunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Masing-masing kelebihan dan kekurangannya tersebut menjadi hal yang membedakan satu dengan yang lainnya. Untuk mengetahui perbedaannya, ikuti ulasan berikut ini.

Perbedaan Sistem Kolam Renang Overflow dan Skimmer

Perlu kiranya bagi Anda yang berencana untuk membangun kolam renang untuk mengetahui perbedaan sistem Overflow dan Skimmer. Hal ini akan lebih memudahkan Anda dalam menentukan pilihan sistem sirkulasi kolam renang yang tepat untuk Anda.

Sistem Kolam Renang Overflow

Sistem kolam renang Overflow adalah sistem pengairan kolam renang dengan cara melimpahkan air hingga meluber keluar dari badan kolam. Selanjutnya air yang keluar ditampung di dalam filter dan dilakukan penyaringan, lalu dikembalikan ke kolam melalui mesin pompa kolam renang.

Sistem Overflow tidak saja memiliki tujuan untuk menjaga kualitas air tetap bersih dan baik dari sisi kesehatan, tetapi juga memberikan nilai tambah dari segi estetika. Hal ini dikarenakan dengan adanya limpahan air yang tumpah dan keluar dari badan kolam renang menimbulkan sensasi estetika visual tersendiri.

Tidak hanya itu saja, kelebihan lain dari sistem Overflow adalah adanya Balancing Tank yang dapat menjaga volume air di saat curah hujan tinggi, perawatan yang lebih mudah, pengendalian volume air yang lebih ketika cuaca terik, sirkulasi air dan penyaringan bisa lebih maksimal, serta penambahan chemical tidak harus dilakukan di dalam kolam renang. Namun selain adanya kelebihan tersebut, sistem Overflow juga memiliki kekurangan.

Adapun kekurangan dari sistem overflow diantaranya yaitu membutuhkan area yang lebih luas untuk melewatkkan balancing tank, membutuhkan waktu untuk membersihkan balancing tank ketika perawatan kolam dan biaya pembuatannya relatif lebih mahal. Tidak hanya itu saja, pembuatan pipa saluran air (plumbing) juga lebih rumit. Sistem Overflow bahkan juga lebih rentan mengalami kebocoran pada saluran gutter (talang air) kolam dan balancing tank.

Sistem Kolam Renang Skimmer

Di era sistem sirkulasi kolam renang sekarang ini, sistem Skimmer mungkin dinilai kurang efektif bila dibandingkan dengan sistem Overflow. Skimmer dianggap sudah ketinggalan zaman, namun untuk sebagian masyarakat masih merasakan keuntungan dari sistem ini.

Sistem Skimmer cocok diaplikasikan untuk kolam renang mini. karena kolam renang yang berukuran kecil sangat pas bilamana digabungkan dengan Skimmer. Dengan permukaan air yang sempit, kebersihan kolam renang dapat terjaga secara lebih optimal. Sistem Skimmer juga mampu memaksimalkan lahan yang sempit, karena sistem sirkulasi ini tidak memerlukan gutter (talang air) di samping kolam.

Kelebihan lain dari sistem Skimmer adalah memiliki pola perawatan yang ringan, bahkan terbukti lebih simpel dari sistem lainnya. Kelebihan yang berikutnya, sistem kolam renang Skimmer bisa diterapkan sebagai kolam renang Indoor.

Dengan mengetahui perbedaan kolam renang Overflow dan Skimmer, setidaknya Anda bisa lebih mudah untuk memilih konsep kolam renang impian Anda. Jika Anda berencana membuat kolam renang, konsultasikan kebutuhan Anda dengan jasa pembuatan kolam renang atau kontraktor kolam renang terdekat di kota Anda.

Get 30% off your first purchase

X