Call nowWhatsApp

Pembuatan Kolam Renang

Apakah Pembuatan Kolam Renang Itu Sulit?

Bagaimanakah langkah-langkah awal untuk melakukan pembuatan kolam renang? Sebelumnya mungkin Anda wajib tau dulu bahwa keinginan Anda untuk mempunyai kolam renang aman, nyaman dan tidak kalah penting terlihat elegan. Anda perlu mencari referensi dari teman ataupun saudara tentang masalah kolam renang, dan Anda harus mencoba mencari tahu kontraktor kolam renang atau jasa pembuatan kolam renang manakah yang tepat untuk Anda dan berkonsultasi dengan kontraktor mengenai perkiraan masalah waktu, spek, kualitas, garansi, biaya dan masih banyak yang lainnya.

Ahli Kolam Renang

Disini kami akan membagikan cara-cara yang tepat, aman dan benar dalam mengerjakan pembangunan kolam renang Anda. Apa tujuannya?  untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan kualitas super, sebelum Anda mengerti bagaimana cara-cara ataupun tahapan dan urutan kerja dalam pembangunan kolam renang, Anda harus menjelajahi ketentuan tersebut, apabila asal-asalan dalam pekerjaan ini, maka pembangunan Anda akan gagal 100%!! Selain langkah dan cara-cara pembangunan, Anda juga harus mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai, biaya, lokasi, dan desain sesuai kebutuhan halaman Anda, karena ada beberapa model dan jenis kolam renang mungkin dari segi bentuk, ukuran ataupun sistemnya. Jadi sebelum pembuatan kolam renang berlangsung, Anda sudah yakin bahwa persyaratan tersebut sudah tercapai dengan krateria di atas. Oke, tidak panjang lebar kami menjelaskannya, karena Anda pasti tidak sabar akan segera memahami bagaimana cara-cara yang benar dalam pembuatan untuk pembanguanan kolam renang.

Berikut cara-cara untuk pembuatan dan pembangunan kolam renang:

  • Tentukan lahan, lokasi halaman yang tepat menurut Anda atau konsultasikan dengan arsitek kami.
  • Galian tanah kolam renang ==> Galian tanah ini pada umumnya lebih space lebih lebar dari ukuran kolam yang sebenarnya, contoh ukuran kolam 2mX5m kedalaman 1,5m berarti galian tanah menjadi 2,6mX5,6m dan kedalaman 1,7m. Mengapa demikian? karena space tersebut untuk pemasangan bata, pengecoran beton, dan finishing akhir.
  • Pemasangan Bata & Lantai Kerja ==> Kenapa pemasangan bata dan lantai kerja diperlukan? Karena sebelum pengecoran pasang bata dan lantai kerja harus di dikerjakan, yang bertujuan untuk pembatas antara tanah dan beton, fungsiya beton tersebut tidak mudah keropos karena tidak nempel di tanah.
  • Pemasangan Besi ==> Kira-kira seperti apa pemasangan besi kolam renang? Teknik ini harus dikerjaan oleh tenaga ahli dalam pembangunan, jadi pemasangan besi pada umumnya sesuai standar kualitas dengan jarak 20cmx20cm dan pemasangan besi 2 lapis. Material yang di gunakan besi D10 untuk gelaran dan D13 ulir untuk balok/sloof dengan standar SNI Indonesia, tanpa kecuali bisa menggunakan spek besi di atas tersebut apabila bangunan di atas normal tertentu.
  • Pemasangan Begisting ==> Apa fungsi begisting? Sebelum pengecoran beton, begisting harus sudah siap dan di cek kekuatannya, jadi fungsi begisting tersebut untuk menahan boton saat proses pengecoran. Dan material yang di gunakan adalah papan triplek 9mm sebagai dinding cor beton, kaso 4mmx6mm dan bambu sebagai rangka tulangan, 6mmx12mm untuk penahan bawah/dasar lantai kolam. Material tersebut satu kesatuan untuk perkuatan begisting cor beton.
  • Instalasi Listrik & Pipa Air ==> Kapan instalasi ini harus dikerjakan? Ini juga bagian terpenting dalam pembuatan kolam renang, sebelum di cor alangkah baiknya instalasi tersebut dikerjakan sesuai dengan kebutuhan volume kolam renangnya. Karena apa, apabila instalasi tersebut ada kekurangan maka pekerjaan baru akan merusak beton, sehingga kualitas betonnya akan berkurang, jadi sebelum pengecoran harus benar-benar di perhatikan dan di cek secara berkala. Mareial-material yang di pakai juga harus berkualitas dengan standar SNI Indonesia.
  • Pengecoran Beton ==> Bagaimana cara-cara menentukan kualitas beton? Permasalaha ini yang sering terjadi di lapangan, kurangnya mengeti tentang kualitas beton dan cara mengaplikasikannya apabila dalam pengerjaan tanpa panduan tenaga ahli. Jadi sebernarnya, pengecoran beton itu ada 2 cara antara lain, dengan cara manual dan Ready Mix. Kita bahas dulu cara pertama cor manual, aplikasi yang digunakan harus sesuai dengan komposisi antara semen, pasir, koral, air, dan pengeras beton, itupun harus menggunakan material yang berkualitas tinggi serta bahan pabrikan yang sudah teruji kualitasnya. Dan cara kedua bisa menggunakan Ready Mix yang di produksi oleh pabrik, pada umumnya kualitas beton untuk pengecoran kolam renang biasa menggunakan K-300, K-350 dan komposisi air menyesuaikan petunjuk pabrik.
  • Waterproofing ==> Pentingkah waterproofing? Penting!! Kenapa? waterproofing sangat berpengaruh untuk daya tahan air yang berfungsi sebagai pelapis beton dan anti bocor, jadi sebelum melangkah ke tahap selanjutnya setelah pengecoran wajib di lapis dengan waterproofing. Aplikasi ini bisa di lakukan 2-3x lapis dan biasanya kami menggunakan material pabrik yang sudah teruji kualitasnya.
  • Acian ==> Kenapa harus di aci? Kerena bidang waterproofing licin dan sulit untuk menempel plaster, jadi bidang perlu di buat kasar dan berfungsi sebagai pelapis tambahan.
  • Plaster ==> Apa fungsi plaster? Bidang cor belum tentu rata, oleh sebab itu pentingnya plaster untuk meratakan di seluruh bidang dinding dengan menggunakan material semen, pasir, dan pengeras beton. Selalu pilih material yang bermutu dan berkualitas tinggi.
  • Finishing ==> Apa itu finishing? Anda harus tau dari hasil akhir pekerjaan ini, bahwa finishing menentukan cirikhas keistimewaan dan kemewahan selera Anda. Dan material apa sajakah yang bisa digunakan, dengan menggunakan mosaik, keramik, batu alam dan kayu, konwood, pvc untuk area deck nya. Tentunya semua itu juga harus menggunakan material bermutu dan kualitas tinggi, agar kolam renang Anda terlihat menarik dan tidak membosankan.
  • Aksesoris ==> Kenapa harus ada? ya, itu sangat di perlukan, dengan adanya aksesoris maka kolam renang anda akan berfungsi dengan baik dan terlihat lebih cantik. Dan apa saja aksesoris yang di maksut? misal seperti pompa, filter, lampu, inlet, vacum, maindrain, skimmer, tangga stainless, air terjun, pancuran dan banyak lagi.
  • Pengisian Air ==> Air apa yang harus di pakai? Air sumur, PDAM, air gunung. Tetapi alangkah baiknya pengisian air kolam renang menggunakan air gunung yang langsung dari sumber mata air untuk menghindari kadar zat besi yang berlebihan dan air tersebut masih murni belum tercampur bahan kimia.
  • Penambahan Chemical ==> Apa berpengaruh? ya, setelah pengisian air harus di olah dengan chemical  atau bahasa keren nya di treatment, yang bertujuan untuk menghambat terjadinya tumbuh lumut dan air kolam renang akan selalu terjaga kebersihannya serta selalu keihatan jernih.
  • Setelah langkah-langkah di atas semua selesai, kolam renang Anda bisa di pakai untuk berenang bersama keluarga tercinta.

Demikian informasi mengenai cara-cara dan langkah pembuatan kolam renang dari awal pekerjaan sampai siap pakai, Anda harus banyak menjelajahi dan belajar tentang pembangunan kolam renang yang benar dengan cara bertanya pada ahli di bidangnya.

Apabila Anda masih bingung dan belum mengeti tentang masalah pembuatan kolam renang, kami, jasa kontraktor kolam renang PT. GAYA INDAH PERKASA (Gippool’s), penyedia layanan jasa pembuatan kolam renangjasa renovasi kolam renang dan jasa perawatan kolam renang beserta arsitek dan tim ahli pembangunan kami selalu siap membantu Anda untuk memudahkan rencana besar Anda. Jangan sungkan untuk bertanya dan segera hubungi kami tentang proses pembangunan kolam renang.

Siap Membangun Kolam Renang Impian Anda?

Get 30% off your first purchase

X