Call nowWhatsApp
Menganti Pasir Filter Kolam Renang

Langkah-Langkah Mengganti Pasir Filter Kolam Renang

Perawatan kolam renang secara berkala perlu dilakukan untuk menjaga agar kolam renang selalu dalam kondisi baik. Perawatan yang dilakukan adalah untuk menjaga dan memastikan bahwa setiap bagian dari kolam renang dapat bekerja dengan maksimal. Bagaian kolam renang yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan perawatannya adalah filter kolam renang. Filter adalah jantung dari proses penyaringan air yang harus tetap berada dalam performa yang maksimal sehingga air bisa disaring dengan baik. Oleh karena itu dalam perawatan filter juga harus memperhatikan bahan filter dari filter itu sendiri yaitu pasir. Secara berkala dan teratur, pasir saringan harus diganti. Dan untuk membantu Anda, berikut ini langkah-langkah mengganti pasir pada filter kolam renang Anda.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai langkah-langkah penggantian pasir filter kolam renang, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pasir yang digunakan pada filter tersebut. Seperti yang kita ketahui, filter kolam renang pada umumnya bekerja sekitar 8 jam. Bahkan untuk kolam renang umum, filternya bisa diaktifkan hingga 24 jam, meski biasanya kolam renang umum menggunakan dua filter yang digunakan secara bergantian.
Semakin sering filter digunakan, semakin banyak pula kotoran yang bercampur dengan pasir. Dan bila lapisan kotoran terlalu tebal, pasir tidak mampu lagi menyaring air kolam. Inilah saatnya Anda perlu mengganti pasir di filter kolam Anda.

Jadi sebelum mengganti pasir pada filter kolam renang, sebaiknya gunakan jenis pasir apa? Pada filter kolam renang, pasir yang digunakan bukan pasir sembarangan. Namun untuk menyaring air, filter kolam renang menggunakan jenis pasir khusus yang disebut pasir silika sebagai bahan penyaringnya. Pasir silika merupakan mineral yang banyak ditemukan di kerak benua bumi. Mineral ini memiliki struktur kristal heksagonal yang tersusun dari kristal silika trigonal (silikon dioksida, SiO2). Sedangkan dari segi kekerasan, mineral ini dihitung berdasarkan skala kekerasan Mohs 7.

Pasir silika mempunyai kekerasan yang tinggi dan mempunyai umur yang panjang hingga beberapa tahun, tergantung pada intensitas penggunaan filter. Padahal, jika filter dibersihkan secara rutin, umur pasir bisa mencapai 3 hingga 4 tahun. Dan setelah jangka waktu tersebut Anda perlu mengganti pasir filter kolam renang. Tanda pasir saringan perlu diganti adalah jika saringan berfungsi normal namun airnya belum tersaring sempurna dan masih kotor. Jika hal ini terjadi, sebaiknya bersiaplah untuk mengganti pasir penyaring kolam.

Cara Mengganti Pasir Filter Kolam Renang

Ketika mengganti pasir filter, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan secara berurutan untuk mendapatkan hasil proses penyaringan yang sempurna. Pertama adalah memindahkan pasir yang ada di dalam tanki filter. Untuk memindahkannya, Anda bisa menggunakan tangan atau sekop kecil. Selain itu, anda juga bisa menggunakan vacuum untuk memindahkan pasir dari dalam filter. Sedapat mungkin, hindari kontak langsung dengan pasir untuk menghindari penyebaran kuman dan bakteri yang ada pada filter.

Setelah pasir dikeluarkan dari tangki, tambahkan air ke dalam tangki. Air ini akan membantu menyerap dampak jatuhnya pasir pada alat perakitan. Saat memilih pasir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, pasir silika akan digunakan. Ada 3 jenis pasir silika yang beredar di pasaran. Namun jenis pasir yang memberikan hasil maksimal adalah 20 mesh. Pasir jenis ini memiliki diameter 40 hingga 50 mm dan mampu menyaring kotoran-kotoran kecil.

Selanjutnya jangan lupa menentukan jumlah pasir yang akan dimasukkan ke dalam saringan. Ketahui ukuran filter Anda dan pikirkan berapa banyak pasir yang harus Anda masukkan ke dalam filter. Menggunakan terlalu banyak pasir akan menyebabkan tangki tidak berfungsi. Sedangkan pasir yang terlalu sedikit akan menyebabkan hasil filtrasi tidak maksimal. Oleh karena itu, saat mengganti pasir pada kolam renang Anda, Anda juga harus mengukur jumlah pasir yang sesuai dengan filter yang Anda gunakan.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan apakah pasir masuk ke dalam tabung pasir atau tidak. Untuk mencegah pasir masuk ke dalam tabung pasir, penuangan pasir ke dalam saringan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Salah satu solusinya adalah dengan meninggikan sandbox agar pasir tidak masuk. Setelah semuanya selesai, pasang kepala filter dan tutup filter. Namun, jangan menutup filter terlalu rapat karena dapat menyebabkan filter rusak. Setelah semuanya selesai maka proses penggantian pasir filter kolam selesai.

Apa yang harus dilakukan setelah penggantian pasir

Setelah proses penggantian pasir saringan selesai, proses selanjutnya adalah melakukan backwashing. Cuci kembali filter dengan hati-hati. Kemudian bilas kembali selama 3 hingga 5 menit. Dan ulangi pengoperasian sebelum melakukan pembilasan agar filter benar-benar bersih dan dapat menyaring kotoran secara maksimal.

Setelah seluruh proses penggantian pasir filter selesai, filter dapat digunakan kembali seperti biasa untuk menyaring kotoran pada air kolam. Selain mengganti pasir filter kolam, Anda juga harus rutin membersihkan filter atau kolam untuk menjaga kebersihan kolam.

Membersihkan filter tidak hanya menjaga kebersihan kolam renang tetapi juga memperpanjang umur filter. Oleh karena itu, filter kolam renang tidak mudah rusak dan selalu dalam kondisi baik sehingga menghasilkan kualitas air yang baik. Berikut pembahasan mengenai langkah-langkah penggantian pasir filter kolam renang. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan referensi untuk perawatan kolam renang anda.

________________

PT. GAYA INDAH PERKASA (Gippool’s), kontraktor kolam renang profesional, menyediakan layanan jasa pembuatan kolam renangjasa renovasi kolam renang dan jasa perawatan kolam renang. Selain itu kami juga menyediakan filter kolam renang dan peralatan kolam renang lainnya  dengan kualitas terbaik.Dengan pengalaman bertahun-tahun di industri ini, kami bangga dapat memberikan solusi lengkap dan memenuhi semua kebutuhan Anda terkait kolam renang. Hubungi HP/WA : 0858-8239-3680.

Get 30% off your first purchase

X