Call nowWhatsApp
Ahli Kolam Renang

Cara Menjaga Kebersihan Kolam Renang yang Benar

Menjaga Kolam Renang Tetap Bersih 

Memiliki kolam renang di rumah sendiri memang terasa begitu menyenangkan. Kita bisa menjadikannya sebagai tempat rekreasi keluarga, tempat berpesta, sekadar nongkrong, dan sebagainya. Bagi Anda yang memang punya hobi berenang, Anda dapat berenang bebas di sini sepanjang hari. Tidak bakal ada yang mengusik sehingga Anda bisa berenang di kolam renang ini sampai puas. Namun tahukah Anda kalau di balik pesona menarik yang dimilikinya, kolam renang ternyata memerlukan perawatan yang cukup rumit supaya kebersihan dan keindahannya senantiasa terjaga?

Jika Anda mau mempunyai kolam renang sendiri, maka Anda juga harus mau merawatnya dengan baik. Anda mesti merawat kolam renang tersebut sebaik-baiknya. Sebab kalau tidak dirawat, kolam renang ini bakal menjadi tidak karuan. Terutama kebersihannya yang memang benar-benar harus dirawat dengan sungguh-sungguh. Tak hanya akan mempengaruhi tampilannya saja, kolam renang yang kotor juga bakal menjadi sarangnya kuman dan bakteri. Sehingga bukan tak mungkin selanjutnya kolam renang tersebut justru akan berubah menjadi tempat yang sangat berbahaya.

Jadi hukum merawat kolam renang dengan benar adalah wajib. Intisari dari merawat kolam renang yaitu menjaga air di dalam kolam renang tersebut air tetap berkualitas. Sudah semestinya air kolam renang ini mempunyai kualitas yang terjaga dengan baik. Kondisi air tersebut senantiasa bersih dan jernih. Tak ada lagi partikel-partikel kotoran yang mencemarinya. Bagaimana pun air yang bersih merupakan salah satu ciri-ciri air yang sehat dan menyehatkan, kan? Pertanyataannya selanjutnya ialah bagaimana cara untuk senantiasa mempertahankan kondisi air di dalam kolam renang?

Bagaimana Cara Menjaga Kondisi Air kolam Renang Dengan Benar?

Jawabannya adalahh Anda dapat menjaga kondisi air di kolam renang dengan merawatnya secara rutin. Bentuk perawatan terhadap kolam renang ini dapat dibagi menjadi 4 pekerjaan utama, yaitu perawatan harian, perawatan mingguan, perawatan dua mingguan, dan perawatan bulanan. Lantas apa saja tugas-tugas yang mesti kita kerjakan dalam merawat kolam renang sesuai jadwal tersebut? Sebenarnya ada cukup banyak pekerjaan yang mesti Anda lakukan di sini. Tujuannya semata-mata untuk menjaga kondisi kolam renang supaya tetap bersih dan airnya pun jernih.

  • Perawatan Harian

Perawatan harian merupakan pekerjaan yang wajib dilakukan sehari-hari dalam merawat kolam renang. Anda mesti menyelesaikan tugas-tugas di bawah ini setiap hari supaya kondisi kolam renang senantiasa tetap bersih. Pekerjaan-pekerjaan yang kami maksud di antaranya :

  1. Bersihkan kolam dari kotoran-kotoran seperti daun, ranting, plastik, dan sebagainya.
  2. Ganti air kolam jika dirasa sudah terlalu kotor.
  3. Cek kondisi peralatan pendukung kolam renang dan pastikan kinerjanya masih stabil.
  • Perawatan Mingguan

Perawatan mingguan mencakup pekerjaan-pekerjaan yang wajib dilakukan dengan baik setiap seminggu sekali. Anda hanya perlu menyelesaikan pekerjaan ini sebanyak 1 kali saja dalam kurun waktu 7 hari. Tak perlu melakukannya setiap hari. Ingat, cukup sekali dalam seminggu saja.

  1. Tambahkan clarifier untuk mengatasi air kolam yang keruh.
  2. Tambahkan algaecide untuk mengontrol pertumbuhan alga sehingga air kolam tidak berwarna kehijau-hijauan.
  3. Tambahkan cairan klorin untuk membersihkan air kolam dari bakteri dan ganggang hijau.
  • Perawatan Dua Mingguan

Ini merupakan pekerjaan untuk merawat kolam renang yang mesti dilaksanakan setiap 2 minggu sekali. Anda tidak perlu melakukannya setiap hari atau setiap minggu. Cukup dikerjakan setiap 2 minggu saja, maka kondisi kolam renang akan senantiasa terjaga dengan baik.

  1. Periksa kadar pH air kolam, pH yang normal berkisar antara 7,2-7,6.
  2. Lakukan pembersihan bak kolam renang secara menyeluruh, termasuk menyikat permukaan ubin kolam.
  3. Bersihkan alat-alat pendukung kolam renang seperti filter dan saluran air.
  4. Pastikan pinggiran kolam renang terbebas dari lumut agar tidak licin.
  • Perawatan Bulanan

Beberapa cara Merawat Kolam Renang

Beberapa pekerjaan dalam merawat kebersihan kolam renang hanya perlu Anda lakukan sebulan sekali saja. Jadi Anda tak usah mengerjakan tugas-tugas di bawah ini hampir seminggu sekali ataupun bahkan setiap hari. Anda cukup menyelesaikannya dengan baik setiap 1 bulan.

  1. Periksa kadar kalsium yang terlarut di air kolam, bila terlalu rendah akan bersifat korosid.
  2. Berikan baking soda untuk menyeimbangkan tingkat alkalinitas air kolam di angka 80-120 ppm.
  3. Cek kondisi dinding kolam, apakah terdapat retakan atau tidak.

Cara Menjaga Kebersihan Kolam Renang Yang Benar

Get 30% off your first purchase

X